CRITICAL BOOK REPORT
Aplikasi Dasar Komputer
Aplikasi Dasar Komputer
Dosen Pengampu : Dr. Arnita, M.Si
Sriwardani
(21623311036)
Lolita
Ariesta Glorifencia Sitio (2163311019)
Fia
Olme Arta Sinabariba (2163311011)
Husnul
Hafizah (2162311003)
Hotnida
Harahap (216 )
Non Reguler A
Fakultas
Bahasa dan Seni
Pendidikan
Bahasa Indonesia
UNIVERSITAS
NEGERI MEDAN
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan
Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Berkat-Nya sehingga kami dapat
menyelesaikan penyusunan Critical Book Report ini dalam bentuk maupun isinya
yang sangat sederhana. Semoga Critical Book Report ini dapat dipergunakan
sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam
administrasi pendidikan dalam profesi keguruan.
Harapan kami semoga Critical
Book Report ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca,
sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi Critical Book Report ini
sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Critical Book Report ini
kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat
kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan
masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan Critical Book Report
ini.
Medan, 2 November
2016
Penyusun
Kelompok 7
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR............................................................................. i
DAFTAR ISI........................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang Masalah................................................................ 1
2.
Rumusan
Masalah......................................................................... 1
3.
Tujuan
Masalah............................................................................. 1
IDENTITAS
BUKU................................................................................ 2
BAB
II PEMBAHASAN
1. Identitas Buku I.............................................................................. 3
2. Ringkasan Buku I........................................................................... 4
3. Kelebihan dan Kekurangan Isi Buku I............................................7
4. Identitas Buku II..............................................................................8
5. Ringkasan Buku II......................................................................... 9
6. Kelebihan dan Kekurangan Isi Buku II.......................................... 12
BAB III PENUTUP
KESIMPULAN........................................................................................ 13
SARAN................................................................................................... 13
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................. iii
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Microsoft Excel merupakan perangkat
lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,
penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat
lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan
administratif mulai yang paling sedernaha sampai
yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya
membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan
perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan
menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan,
tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan
yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang
memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan
grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika
pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat
memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan
lebih mudah.
B.
Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel 2010 pada buku “Paduan Lengkap
Menggunakan Excel 2010”?
C.
Tujuan
Pembuatan critical book
report ini bertujuan agar mahasiswa terbiasa membuat telaah buku dan mengetahui
apa saja kelebihan dan kelemahan yang dimliki dari buku yang telah dibaca dan
ditelaah.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Identitas
Buku
Judul : Teori dan Pengajaran Sastra
Penulis : Hendra Kurnia Pulungan,
S.Sos., M.I.Kom
Dr. Arnita, M.Si
Tiarnita Maria
Sarjani, S.Pd., M.Hum
Dr. Hesti
Fibriasari, S.Pd., M.Si
Nurilam
Harianja, S.Pd., M.Hum
Penerbit : Menara Padang Bulan
Kota terbit : Medan
Tahun terbit : 2016
Cetakan ke : 1
Tebal halaman : 124 halaman
2.
Ringkasan Isi
Bab
Ø Pengklasipikasian Microsoft Excel
2010
Microsoft excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja
elektronik). Fungsi Microsoft excel 2010 adalah untuk melakukan operasi
perhitungan serta dapat mempresentasikan data-data ke dalam bentuk tabel.
Membuka
Microsoft Excel 2010
1. Klik
tombol start pada taskbar
2. Pilih
menu all program. Pilih Microsoft office
3. Kemudian
klik Microsoft excel 2010
Menginput
Data dalam Sel
1. Klik
sel tempat data yang akan dimasukkan
2. Ketikan
data yang akan dimasukkan
4. Untuk
mengedit data yang telah diketik , tekan F2 atau duble klik di sel yang akan di
edit.Tekan enter untuk mengakhirinya
5. Untuk
menghapus data tekan tombol delete pada keyboard.
Mengubah
Ukuran Kolom
1. Letakkan
pointer di pembatas kolom yang ingin diubah ukurannya, lalu drag sesuai denagn
ukuran yang diinginkan.
2. Jika
ingin merubah ukuran lebih dari satu kolom, maka terlebih dahulu blok kolom
yang akan di rubah ukurannya. Kemudian klik tab Home “icon format” column
width.
Mengubah
Ukuran Baris
1. Letakkan
pointer di pembatas garis yang ingin diubah ukurannya, lalu drag sesuai dengan
ukuran yang diinginkan.
2. Jika
ingin mengubah ukuran lebih dari satu baris maka terlebih dahulu blok
baris-baris yang akan diubah ukurannya kemudian klik tab home “icon format” row
height.
Menambahkan
sheet (lembar kerja) baru
1. Klik
icon new atau tekan Ctrl + N
Mengganti
Nama Sheet
1. Double
klik pada sheet yang akan diganti namanya atau klik kanan pada sheet,
selanjutnya rename.
Menghapus
Sheet
1. Klik
kanan pada sheet, selanjutnya pilih dan klik delete.
Menyimpan
File
1. Pilih
tab file
2. Pilih
dan klik save/save As
Membuka
file
1. Klik
tab file. Selanjutnya pilih open.
2. Pilih
file yang akan dibuka, lalu open.
Mengcopy
Sel
1. Klik
sel yang akan di copy
2. Pilih
tab home. Selanjutnya pilih icon copy atau tekan Ctrl+C pada keyboard.
3. Klik
sel yang digunakan sebagai tempat hasil copyan.
4. Klik
icon paste pada tab home atau tekan Ctrl+V pada keyboard.
Memindahkan
Sel
1. Blok
sel yang akan dipindahkan.
2. Pilih
tab home, pilih icon Cut atau Ctrl+X pada keyboard.
3. Klik
sel yang akan digunakan sebagai tempat hasil pindahan.
4. Pilih
icon paste tab home atau Ctrl+V
Membuat
Nomor dan Bulan Berurutan
1. Ketik
angka/ bulan pada sel yang diinginkan
2. Ketik
angka/ bulan selanjutnya (berurutan) pada sel berikutnya.
3. Blok
kedua sel tersebut secara berurutan.
4. Letakkan
pointer pada pojok kanan bawah hingga pointer berubah menjadi tanda tambah.
5. Kemudian
geser hingga angka/ bulan yang diinginkan.
Menggabungkan
Sel
1. Blok
sel yang ingin digabungkan.
2. Pilih
tab home. Selanjutnya pilih dan klik merge dan centre lalu klik merge cell.
Mengatur
Tata Letak Teks (Tengah)
1. Klik
sel yang akan diatur tata letak teksnya.
2. Klik
tab home.
3. Klik
tanda panah pada pojok kanan bawah pada group Alignment.
4. Klik
Aligment.
5. Pada
Horizontal pilih centre.
6. Pada
vertical pilih centre, lalu klik Ok.
7. Atau
klik tab home.
Membuat
Garis Tabel
1. Blok
sel yang akan diberi garis tabel.
2. Klik
Alignment, lalu pilih border.
3. Selanjutnya
pilih garis tabel, klik Ok.
4. Atau
dengan klik tab home, pilih icon border pada group Font.
Membuat
Simbol Uang
1. Blok
sel yang akan diberi symbol mata uang
2. Klik
Alignment, pilih number “ Accounting” pilih mata uang di symbol.
3. Klik
Ok.
Ø Operator dan Fungsi
Operator perbandingan
Operator perbandingan dipergunakan untuk membandingkan suatu data denagn
data lain sehingga excel akan memberikan hasilnya.
Operator
Referensi
Operator referensi
digunakan untuk menulis formula maupun fungsi.
Fungsi
Matematika dan Trigonometri
Fungsi matematika dan
trigonometri membantu kita menyelesaikan persoalan matematika, seperti
penjumlahan total, penjumlahan ke atas, satuan derajat dll.
Fungsi
Logika
Fungsi logika atau bersyarat memungkinkan kita menguji persyaratan dalam
sel. Fungsi bersyarat ini adalah suatu kondisi atau =IF yang hasilnya bergantung pada benar atau
salahnya pengujian.
Membuat
Grafik Column/Batang
1. Blok
data yang akan dibuat grafik.
2. Klik
tab insert, pilih Column.
3. Pada
tab design, klik icon bentuk layout grafik yang diinginkan.
Membuat
Grafik Pie/Lingkaran
1. Blok
data yang akan dibuat grafik.
2. Klik
tab insert, pilih pie, pilih jenis layout grafik yang diinginkan.
3.
Kelebihan dan
Kekurangan
Kelebihan
|
Kekurangan
|
·
Isi yang dibahas
dalam buku ini memiliki pembahasan tentang microsoft excel 2010 yang lengkap dan terperinci
·
Setiap subbab
yang dijelaskan dilengkapi dengan gambar yang membuat pembaca lebih mudah
memahami isi dan letak dari penjelasan subbab tadi.
·
Tulisan dalam
menjelaskan pokok sudah cukup jelas.
·
Point-point yang
dipaparkan dalam microsoft office 2010 sangat lengkap
·
Penggunaan bahasa yang mudah dipahami.
·
Layout yang disajikan dalam membahas materi sangat
rapi dan beraturan.
|
·
Buku tidak
memiliki warna sehingga kurang menarik untuk dilihat.
·
Gambar terlihat
buram karena tidak memilki warna.
·
Masih terdapat space yang tidak beraturan.
·
Sumber referensi yang digunakan hanya sedikit.
|
4. IDENTITAS
BUKU II
Judul : Paduan Lengkap
Menggunakan Excel 2010
Penulis : Yudhy Wicaksono
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2010
Edisi : Pertama
Jumlah Halaman : 232 Halaman
Penulis : Yudhy Wicaksono
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2010
Edisi : Pertama
Jumlah Halaman : 232 Halaman
5.
Ringkasan Isi Buku
a.
Mengubah
Setting Default
Excel
2010 mempunyai setting pengaturan default yang secara otomatis akan diterapkan
setelah diinstal. Setting pengaturan dapat diubah sesuai kebutuhan Anda.
b.
Mengubah
Penggunaan Simbol Desimal dan Ribuan
Setiap
negara mempunyai aturan penggunaan simbol koma (,) dan titik (.) untuk
memisahkan nilai desimal dan ribuan. Negara Indonesia simbol koma untuk
memisahkan nilai desimal, sedangkan simbol titik digunakan untuk memisahkan
nilai ribuan.
· Klik tab File kemudian pilih menu Options.
Muncul kotak dialog Excel Options.
· Pilih opsi Advanced. Jika Anda ingin menggunakan simbol koma dan titik
menyesuaikan sistem dalam setting komputer beri tanda centang pada pilihan Use system separators, kemudian klik
tombol OK.
· Jika Anda ingin mengubah penggunaan
simbol koma dan titik yang berbeda dengan sistem dalam setting komputer,
hilangkan tanda centang pada pilihan Use
system separators.
· Pada kotak isian Decimal separator,
isikan simbol pemisah desimal (titik atau koma). Ketikkan simbol pemisah ribuan
pada kotak isian Thousands separator. Jika sudah, klik tombol OK.
c.
Mengubah
Nama Pengguna
Nama
pengguna mempunyai banyak manfaat ketika kita menggunakan fitur Excel tertentu.
Misalnya, ketika Anda membuat komentar, secara otomatis akan ditambahkan nama
pengguna dalam komentar dengan huruf tebal sebagai judul komentar.
· Klik tab File, kemudian pilih menu Options.
Muncul kotak dialog Excel Options.
·
Pilih
opsi General. Ketikkan nama pengguna
pada kotak isianUser name: kemudian klik tombol OK
1. Button
merupakan kontrol dalam
bentuk tombol yang akan menjalankan fitur tertentu ketika diklik.
2. Button
Menu merupakan tombol yang
jika diklik akan menampilkan daftar menu (tombol bermenu).
3. Split
Button merupakan
kontrol yang memiliki fungsi hampir sama dengan button menu. Perbedaannya adalah
split button mempunyai deskripsi menu.
4. Gallery merupakan kontrol yang memiliki fungsi
hampir sama dengan button menu. Perbedaannya adalah menu dalam gallery
ditampilkan dalam bentuk ikon.
5. Toggle
Button merupakan tombol
yang bersifat aktif dan tidak aktif (switch). Jika tombol diklik, maka sesuatu
akan aktif dan kembali tidak aktif jika diklik lagi. Tombol yang sedang aktif
mempunyai warna tampilan yang berbeda dengan tombol yang tidak aktif.
Ø
Mengelola Worksheet
a.
Mengubah
Default Jumlah Worksheet
Worksheet atau
lembar kerja merupakan tempat yang digunakan untuk menampung dan mengolah data.
Setiap workbook baru yang dibuat secara default mempunyai 3 buah worksheet.
Aturan tersebut sebenarnya tidaklah baku. Kita dapat menentukan jumlah
worksheet setiap membuat workbook baru selesai dibutuhkan.
1.
Klik
tab File dan pilih menu Options. Muncul kotak dialog Excel
Options.
2.
Pilih
opsi General. Masukkan jumlah
worksheet yang Anda inginkan pada kotak isian Include this many sheets; misalnya ketikkan 5. Jumlah worksheet yang dapat Anda isikan minimal 1 dan maksimal
255.
3.
Klik
tombol OK. Setelah melakukan
pengaturan tersebut, setiap membuat workbook baru, secara default workbook akan
mempunyai 5 buah worksheet.
b.
Menambahkan
Worksheet
Untuk mengelola
data yang komplek, pengguna seringkali membutuhkan banyak workseheet. Jika
jumlah worksheet dalam workbook yang digunakan ternyata kurang, Anda dapat
menambahkan worksheet baru, ke dalam workbook tersebut.
1.
Klik
drop down tombol Insert dalam tab
Home group Cells dan pilih menu Insert Sheet.
2.
Anda
juga dapat menambahkan worksheet dengan cara klik kanan tab worksheet, dan akan
muncul daftar menu.
3.
Pilih
menu Insert.... Muncul kotak dialog
Insert. Pilih tab General dan pilih Worksheet. Klik tombol OK.
4.
Untuk
menambahkan worksheet dengan cepat, tekan kombinasi tombol Shift+F11. Anda juga dapat menambahkan worksheet dengan cepat
menggunakan tombol Insert Worksheet.
c.
Group
Worksheet
Anda dapat
menghapus, memindahkan, atau menyalin beberapa worksheet sekaligus dengan mengelompokkan
(group) worksheet terlebih dahulu. Cara ini tentu lebih cepatdibandingkan jika
Anda melakukannya satu per satu untuk setiap worksheet. Dalam contoh kali ini
akan menghapus seluruh worksheet yang ada di group.
1.
Untuk
menyeleksi worksheet yang tidak berdekatan, tekan dan tahan tombol Ctrl dan pilih worksheet.
2.
Untuk
menyeleksi worksheet yang berdekatan, pilih worksheet Sheet1. Tekan dan tahan tombol Shift
dan pilih worksheet Sheet3.
3.
Klik
kanan salah satu tab worksheet yang di-group, dan pilih menu Delete.
Ø
Conditional
Formatting Menggunakan Formula
Anda juga dapat
menggunakan formula sebagai kriteria dalam Conditional Formatting. Dengan
menggunakan formula, Anda dapat mengeksplorasi fitur Conditional Formatting
dengan lebih optimal.
1.
Tekan
kombinasi tombol Ctr+N untuk membuat
workbook baru.
2.
Pada
sel A3 ketikkan formula =A1*A2 kemudian tekan tombol Enter. Perhitungan akan menghasilkan
nilai error #Value!
3.
Blok
range A1:A3. Klik tombol Conditional Formatting dalam tab Home
group Styles kemudian pilih menu New Rule...
4.
Muncul
kotak dialog New Formatting Rule. Pilih Use
a formula to determine which cells to format pada daftar pilihan Select a
Rule Type:
5.
Ketikkan
formula =ISERROR(A1:A3) pada kotak
isian Format values where this formula
is true:
6.
Klik
tombol Format... kemudian muncul
kotak dialog Format Cells. Atur format sel yang akan digunakan dalam
Conditional Formatting. Jika sudah, klik tombol OK.
7.
Muncul
kembali kotak dialog New Formatting Rule dan klik tombol OK.
6. Kelebihan
dan Kekurangan Isi Buku
Kelebihan
|
Kekurangan
|
·
Isi yang dibahas
dalam buku ini memiliki pembahasan tentang microsoft excel 2010 dengan
lengkap dan terperinci.
·
Setiap subbab yang
dijelaskan dilengkapi dengan gambar yang membuat pembaca lebih mudah memahami
isi dan letak dari penjelasan subbab tersebut.
·
Tulisan dalam
menjelaskan pokok sudah cukup jelas.
·
Point-point yang
dipaparkan dalam microsoft office 2010 sangat lengkap.
·
Bahasa yang digunakan penulis sangat efektif dan mudah
dipahami.
|
·
Buku ini memiliki warna
yang kurang sehingga membuat pembaca kurang tertarik.
· Gambar terlihat
buram.
·
Masih banyak space
yang tidak
beraturan.
|
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Microsoft Excel atau Microsoft
Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang
dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi
Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan
pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft
yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer
yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat
ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh
banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh
berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini
merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi
Microsoft Office Excel 2010 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office
System 2010.
Saran
Dalam
membuat buku harus diperhatikan struktur kata dan penyajian yang memudahkan
pemahaman seorang pembaca. Buku yang menarik akan di senangi dan digemari sang
pembaca. Perhatikanlah penyusunan kata dalam menyusun buku. Buatlah kalimat
yang mudah dimengerti dan dipahami.
DAFTAR
PUSTAKA
Arnita, dkk.
2016. Penuntun Praktis Mahir Office 2010.
Padang Bulan. Medan
Wicaksono,
Yudhy. 2010. Paduan Lengkap Menggunakan
Excel 2010. PT Elex Media Komputindo. Jakarta
iii
Tidak ada komentar:
Posting Komentar