Rabu, 07 Desember 2016

fungsi tools pada microsoft word

MAKALAH APLIKASI DASAR KOMPUTER
TOOLS MENU PADA MICROSOFT WORD
DISUSUN OLEH KELOMPOK 7
NAMA                 : SRI WARDANI NASUTIONELISA HRP
                                HUSNUL HAFIZAH
                                FIA OLME ARTA SINABARIBA
                                LOLYTA ARIESTA G SITIO
                                HOTNIDA
KELAS                : NON REGULER A


PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
MEDAN
2016


KATA PENGANTAR
Assallamualaikum Wr.Wb
         Alhamdulillah puji dan syukur saya panjatkan atas kehadiran Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan makalh ini yang berjudul fungsi tools menu pada Microsoft word 2007. laporan ini bertujuan untuk memenuhi tugas dari mata kuliah apliksi dasar komputer. oleh Dr. Arnita   ,M.Si. Saya dapat menyelesaikan makalah ini berkat dukungan moral dan materi yang diberikan oleh :
1.      Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, selaku Rektor Universitas Negeri Medan
2.      ibu Dr. Isda Pramuniati, M.Hum, selaku Dekan FBS
3.      bapak Drs. Syamsul Arif, M.Pd, selaku ketua jurusan bahasa Indonesia
4.      bapak S. Fahmy Dalimunthe, S.sos, M.I.kom, selaku sekretaris jurusan bahasa indonesia
5.      ibu Fitriani Lubis, S.Pd, M.Pd, selaku kepala prodi jurusan bahasa indonesia
6.      bapak Dr. Wisman Hadi, M.Hum, selaku kepala prodi sastra bahasa indonesia
7.       ibu Dr. Arnita   ,M.Si., selaku dosen mata kuliah membaca, yang banyak memberikan bimbingan, saran dan  ide.
8.      orangtua yang turut memberikan masukan serta arahan kepada penulis
9.      dan teman-teman yang ikut serta membantu dalam menyelesaikan tugas makalah ini.
Saya menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membagun dari rekan-rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini. Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.
 Terimakasih.
Wasallamualaikum Wr.
                                                                                          Medan, 29 September  2016
                                                                                                                        
                                                                                                                    Penulis


DAFTAR ISI
Kata Pengantar..................................................................................................................1
Daftar Isi............................................................................................................................1
Bab I Pendahuluan...........................................................................................................1
1.1.Latar Belakang.............................................................................................................1
1.2 rumusan masalah .........................................................................................................1 
1.3 tujuan penulisan ..........................................................................................................1
Bab II Pembahasan.........................................................................................................2
2.1fungsi tools dan penjelasannya.....................................................................................2
Bab III simpulan..............................................................................................................21
3.1. simpulan.....................................................................................................................21
3.2. Saran ..........................................................................................................................21


 Bab I
Pendahuluan
1.1 latar belakang
            Microsoft word atau Microsoft office word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama multi-tool word untuk teknik. Fungsi-fungsi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai informasi, misalnya DOS (1983), Apple, Macintosh (1984), SCOI UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft office word. Untuk memberikan perintah seperti membuka dokumen atau mencetak dokumen, Microsoft word menggunakan menu pada bar dan ikon.

1.2 Rumusan Masalah
1.      Apa saja menu pada bar atau tools yang terdapat dalam Microsoft word 2007?
2.      Apa fungsi dari masing-masing menu tools tersebut?

1.3 Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui apa saja menu yang ada di tools.
2.      Untuk mengetahui apa fungsi dari masing-masing tools.



Bab II
Pembahasan

2.1 TOOLS/ MENU-MENU YANG ADA DI MICROSOFT WORD 2007
                          
*      HOME
    a                        b                               c                         d                           e
a.   Ribbon Clipboard

Ribbon Clipboard berisi ikon untuk mengedit teks, yaitu :
Ikon
Nama
Fungsi
Paste
Untuk menampilkan hasil perintah cut dan copy
Cut
Untuk memindahkan teks
Copy
Untuk menyalin teks
Format Painter
Untuk menyamakan format sebuah teks sama dengan format teks sebelumnya

b.   Ribbon Font
Ribbon Font berisi ikon untuk mengatur huruf, yaitu :
Ikon
Nama
Fungsi
Font
Untuk mengganti jenis huruf
Font Size
Untuk mengatur ukuran huruf
Bold
Untuk membuat cetakan huruf tebal
Italic
Untuk membuat cetakan huruf miring
Underline
Untuk membuat cetakan huruf bergaris bawah
Striketrough
Untuk membuat cetakan huruf dengan coret tengah
Subscript
Untuk membuat indeks
Superscript
Untuk membuat pangkat
Clear formatting
Untuk menghapus format tulisan
Text Highlight color
Untuk memberi warna background teks
Font Color
Untuk mengubah warna teks
Change Case
Untuk mengubah susunan huruf pada teks
Grow Font
Untuk memperbesar ukuran huruf
Shrink Font
Untuk memperkecil ukuran huruf

c.   Ribbon Paragraf
Ribbon Paragraf berisi ikon untuk mengatur paragraf, seperti :
Ikon
Nama
Fungsi
Bullets
Untuk penomoran dengan simbol pada paragraf
Numbering
Untuk penomoran paragraf
Multilevel LisT
Untuk mengatur penomoran paragraf
Decrease Indent
Untuk membuat teks menjorok ke kiri
Increase Indent
Untuk membuat teks menjorok ke kanan
Align Left
Mengatur perataan kiri pada teks
Center
Mengatur perataan tengah pada teks
Align Right
Mengatur perataan kanan pada teks
Justify
Mengatur perataan kanan dan kiri pada teks
Line Spacing
Mengatur jarak antarbaris
Shading
Memberi warna background pada teks yang diseleksi
Bottom border
Memberi bingkai teks
Short
Mengurutkan paragraf dari yang lebih kecil ke yang lebih besar


d. Group Styles
Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraph
e.    Ribbon Editing
Ribbon editing berisi ikon untuk mencari karakter, huruf, kata, atau kalimat pada
dokumen, seperti :
Ikon
Nama
Fungsi
Find
Untuk mencari karakter, huruf, atau kata dalam dokumen
Replace
Untuk mengganti karakter, huruf, atau kata dalam dokumen
Select
Untuk membuat seleksi teks atau dokumen

*      Insert
         a         b                      c                        d                  e                               f                        g
a.    Pages
gambar group pages
  1. Cover page: Berfungsi untuk mengganti cover halaman micrososft word. Contohnya secara defoult halaman sampul microsoft word hanya polos, Nah untuk mengganti halaman sampul dengan tampilan yang ilegan, kita dapat menggunakan fasilitas cover page.
  2. Blank Page: Berfungsi untuk membuat halaman kosong baru. Jika kita membuat halaman kerja, secara defoult kita hanya punya 1 halaman. Dan jika kita ingin membuat dan menambahkan halaman kosong dapat memanfaatkan blank page.
  3. Page Break: Berfungsi untuk memisahkan paragraf dengan halaman berbeda. hampir sama dengan dengan blank page, bedanya dengan page break adalah kita dapat memisahkan pragraf dengan halaman yang berbeda.

b.    Tabels
Gambar group Tables
  1. Tables: Digunakan untuk membuat dan menambahkanya table di halaman kerja. contohnya jika kita ingin membuat sebuah laporan dan membutuhkan kolom-kolom, kita dapat membuatnya melalui icon tables. dan untuk batasan kolom secara defoult hanya 10 kali 8, bagaimana jika ingin menambahkan jumlah kolom yang lebih banyak? Kita dapat mengaturnya melalui "inser table". melalui inser table kita dapat menambahkan jumlah kolom yang kita inginkan.

     
c.     Ilustrations
Gambar group illustrations

  1. Picture: di gunakan untuk menambahkan atau menyisipkan file gambar. Untuk menambahkan file gambar dihalaman kerja microsoft word, kita dapat menambahkan gambar melalui menu gambar dan kita akan diarahkan ke file komputer untuk memilih gambar.
  2. Clip Art: Berfungsi untuk menyisipkan gambar dari folder clip art (yang tersedia di library program).
  3. Shapes:di gunakan untuk menambahkan gambar seperti: line,basic shapes, block arrows, Flowchart, callouts, start dan barnner.
  4. SmartArt: di gunakan untuk menambahkan icon list, procces, Cyde, Hierarchy, Relationship, matrix, Pyramid menggunakan graphic.
  5. Chart: digunakan untuk menambahkan grafik column, line, pie, bar, area, x y (scatter), stock, surface, doughnut, bubble, dan radar.
d.   Links
gambar group links
  1. Hyperlink: di gunakan untuk menambahkan url website. sebagi contoh jika kita ingin menambahkan alamat website di salah satu teks yang kita inginkan kita bisa menambahkanya melalui menu hyperlink.
  2. Bookmark: berfungsi untuk membuat halaman favorit.
  3. Cross-reference: di gunakan untuk membuat halaman refensi atau rujukan.
e.     Header and Footer
   

7
  1. Header: di gunakan untuk membuat header di halaman kerja atas. contohnya jika kita ingin menambahkan judul atau nama perusahaan di kepala dokumen, sahabat dapat memanfaatkan menu header.
  2. Footer: di gunakan untuk membuat fotter. hampir sama dengan menu header, bedanya terletak di bawah halaman dokumen.
  3. Page Number: di gunakan untuk membuat nomor di header dan footer halaman kerja.


f.     Text
Gambar group text
  1. Text Box: di gunakan untuk menbuat teks di dalam kotak. Untuk dapat menambahkan teks di dalam kotak tentu di dalam halaman, kita bisa membuatnya melalui menu text box.
  2. Quick Parts: digunakan untuk mengatur teks secara otomatis.
  3. WordArt: Digunakan untuk mengubah teks dengan gaya yang ingin kita gunakan sebagai contoh, jika kita ingin mengubah teks dengan gaya 3 dimensi dapat menggunakan menu quick parts.
  4. DropCap: sering di gunakan untuk memperbesar huruf di awal paragraf dengan berbagai gaya teks.
  5. Signature Line: di gunakan untuk membuat tanda tangan dan nama.
  6. Date dan Time: digunakan untuk menambahkan tanggal dan waktu di halaman kerja.
  7. Object: Di gunakan untuk menambahkan file di halaman kerja contohnya file pdf.

g.    Symbol
gambar symbols

  1. Equation: digunakan untuk menambahkan simbol-simbol persamaan yang sering digunakan untuk matematika.
  2. Symbol: digunakan untuk menambah kan simbol-simbol.

*      Page layout
 
          a       b                  c                     d                         e                                            f
a.    Themes
Gambar group themes
  1. Themes: digunakan untuk menganti tema halaman kerja.
  2. Color: digunakan untuk mengganti warna teks dan background.
  3. Font: digunakan untuk mengubah model teks.
  4. Effect: digunakan untuk menambahkan effek warna teks dan background.

b.    Page Setup
  1. Margins: digunakan untuk menentukan jarak tulisan dari samping kiri dan kanan halaman kerja.
  2. Orientation: digunakan untuk menentukan halaman kerja (kertas)horizontal atau vertikal.
  3. Size: digunakan untuk menentukan ukuran halaman kerja atau kertas.
  4. Columns: digunakan untuk menentukan jumlah kolom di dalam halaman kerja.
  5. Breaks: digunakan untuk menentukan jarak antar kolom halaman.
  6. Line number: digunakan untuk menambahkan nomor di setiap baris teks.
  7. Hyphenation: digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda penghubung
c.    Page bagground
Gambar group page background
  1. Watermark: digunakan untuk menambahkan tanda air di background halaman menggunakan teks atau gambar.
  2. Page color: digunakan untuk mengubah warna halaman kerja menggunakan warna.
  3. Page borders: digunakan untuk membuat garis di pinggir halaman kerja.

d.   Paragraph
Gambar group paragraph
  1. Indent: digunakan untuk mengatur jarak teks kiri dan kanan.
  2. Spacing: digunakan untuk mengatur jarak antara atas dan bawah paragraph.

e.    Arrange
  1. Position: digunakan untuk menentukan posisi objek gambar.
  2. Bring to fornt: digunakan untuk menentukan posisi objek lain dengan yang lainya.
  3. Send to back: digunakan untuk mengembalikan objek lain dengan yang lainya( kebalikan dari Bring to fornt).
  4. Text wrapping: digunakan untuk meratakan teks supaya mengikuti objek.
  5. Align: digunakan untuk meluruskan posisi objek.
  6. Group: digunakan untuk menghubungkan antar objek satu dengan yang lainya supaya lebih mudah mengatur posisi objek.
  7. Rotate: digunakan untuk memutar posisi objek gambar.

No
Gambar
Nama
Fungsi/Keterangan
59
 
Themes
Untuk mengatur tema
60
 
Theme Color
Untuk mengubah warna tema
61
 
Theme Font
Untuk mengubah tulisan tema
62
 
Theme Effects
Untuk membuat bermacam – macam tema
63
 
Margin
Untuk memilih ukuran margin untuk seluruh dokumen
64
 
Orientation
Untuk beralih halaman antara layout potret dan landscape
65
 
Size
Untuk memilih ukuran kertas untuk bagian yang terpilih
66
 
Columns
Untuk mensplit teks ke dalam atau lebih kolom
67
 
Page Breaks
Untuk menambah halaman istirahat bagian dan kolom untuk dokumen
68
 
Line Number
Untuk menambah nomor baris di margin di samping dari setiap baris di dokumen
69
 
Hyphenation
Untuk pergantian hypenation yang memungkinkan kata untuk memisahkan antara baris suku kata
70
 
Watermark
Untuk menyisipkan teks di balik isi halaman
71
 
Page Color
Untuk membuat halaman berwarna
72
 
Page Borders
Untuk menambah perubahan perbatasan di sekitar halaman
73
 
Indent
Digunakan untuk mengatur batas teks
74
 
Spacing
Digunakan untuk mengatur jarak antar paragraph
75
 
Position
Digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
76
 
Bring Forward
Digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
77
 
Send Backward
Digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
78
 
Text Wrapping
Digunakan untuk mengatur aliran teks diantara gambar
79
 
Align
Digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
80
 
Group
Digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
81
 
Rotate
Digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih

*      References
            a                       b                            c                           d                      e                      f
Tab References ini berfungsi sebagai tambahan tulisan/catatan penting pada sebuah lembar kerja, missal untuk menambahkan daftar isi, catatan penting disetiap lembar kerja dan masih banyak lagi fungsi yang masih bias digunakan.
Ada 6 Sub Tab References, yaitu :
a.       Table of Contents
Gambar Table of Contents

Berikut keterangan gambar Table of Contents :
  1. Table Of Contents, adalah untuk digunakan untuk pengolahan daftar isi secara otomatis.
  2. Add Text, adalah untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitanya sebagi entri dalam daftar isi yang sudah dibuat.
  3. Update Table, adalah untuk memperbarui daftar isi, seperti pada perubahan sebuah dokumen.
b.      Footnotes


11

Berikut keterangan gambar Footnotes:
  1. Insert Footnote, adalah untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada dibagian bawah halaman atau fotter).
  2. Next Footnote, adalah untuk memantau footnote end note yang terdapat diseluruh dokumen aktif.
  3. Show Notes, adalah untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote.
c.       Citations and Bibliography
Gambar Citations and Bibliography

Berikut keterangan gambar Citations and Bibliography:
  1. Imsert Citation, adlah untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif.
  2. Manage Sources, adalah untuk mengelola seluruh seluruh sumber kutipan yang mingkin sudah disisipkan disemua segmen file dokument.
  3. Style, adalah untuk memilih bentuk bilblography yang anda inginkan.
  4. Bilbliography adalah untk enyisipkan daftar pustaka kedalam file dokumen aktif.
d.      Caption
Gambar Captions


Berikut keterangan gambar Captions :
  1. Insert Table Of Figures, adalah untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan kedalam dokumen.
  2. Update Table, adalah untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar.
  3. Cross-Refernce, adalah untuk menyisipkan referensi silang. 

Ø  Index
Gambar Index

Berikut keterangan gambar index :
  1. Mark Entry, adalah untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
  2. Insert Index, adalah untuk menyisipkan daftar kata kedalam dokument.
  3. Update Index, adalah digunakan untuk memperbaru data terkini.
e.       Table of Authorities
Gambar Table OF Authorities

berikut keterangan gambar Table OF Authorities :
  1. Insert Table Of Auhtorities, adalah untuk menyisipkan daftar sumber dari pemilik otoritas dokumen.
  2. Update Table, adalah untuk melakukan pembaruan terhadap kutipan pada tabel.
*      Mailings



A.  Create
§  Envelopes, untuk membuat dan mencetak sampul pada amplop.
§  Labels, untuk menuliskan alamat dan nama.

B.     Start Mail Merge
§  Start Mail Marge, untuk membuat surat.
§  Select Resipiets, untuk memilih penerima surat.
§  Edit Resipiet List, untuk mengatur penerima surat.

C.    Write & Insert Fields
§  Highlight Merge Fields, untuk menyisipkan sebuah dokument.
§  Address Block, untuk memilih surat.
§  Greeting Line, untuk menambah baris ucapan.
§  Insert Merge Field, untuk menyisipkan dan menggabungkan surat.
§  Rules, untuk memberikan karis bawah pada surat.
§  Match Fields, untuk membandingkan surat.
§  Update Labels, untuk memperbarui lebel surat.

D.    Preview Results
§  Preview Results, untuk melihat hasil.
§  Find Recipient, untuk mencari penerima.
§  Auto Check for Errors, untuk memeriksa kesalahan secara otomatis.

E.     Finish
·         Finish & Merge, untuk mengetahui bahwa surat yang ada buat sudah lengkap dan bisa langsung dicetak secara otomatis.

*      Review
 





A.    Proofing
·         Spelling & Grammar, untuk memeriksa ejaan.
·         Research,  untuk membuka panel penelitian referensi.
·         Thesaurus, untuk memberikan saran yang sepadan.
·         Translate, untuk menerjemahkan ke bahas lain.
·         Translation ScreenTip, untuk memungkinkan suatu screen tipe menerjemahkan kebahasa lain pada kata dikursor yang berhenti.
·         Set Language, untuk mengatur bahasa dengan mengecek dulu ejaan dan tata bahasa yang terpilih.
·         Word Count, untuk menemukan banyak kata, paragraf dan kalimat didalam dokumen.

B.     Group Comments
·         New Comment, untuk memasukan komentar baru.
·         Delete, untuk menghapus komentar.
·         Previous, untuk memperlihatkan komentar sebelumnya.
·         Next, untuk memperlihatkan komentar selanjutnya.

C.    Tracking
·         Track Changes, untuk menelusuri perubahan yang terjadi pada dokument.
·         Ballons, untuk memilih atau melihat hasil kerja yang telah direfisi.
·         Final Showing Markup, untuk memilih bagai mana memandang perubahan yang diusulkan pada dokument.
·         Show Markup, untuk memilih markup seperti apa untuk menunjukan dokument.
·         Reviewing Pane, untuk menunjukan suatu revisi pada jendela yang terpisah.

D.    Cange
·         Accept, untuk menerima perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya.
·         Reject, untuk menolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya.
·         Previous, untuk menampilkan refisi sebelumnya didalam dokumen sehingga dapat meneripa atau pun menolak.
·         Next, untuk menampilkan dokumen yang dapat diterima atau pun ditolak.

E.     Compare
·         Compare, untuk mengkombinasikan berbagai versi dari dokument.
·         Show Source Documents, untuk menunjukan sumber dokumen terpilih.

F.     Protect
·         Protect Dokumets, adalah untuk melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah privasi

*      View





A.    Documents Views
*      Print Layout, adalah untuk melihat hasil kerja yang akan dicetak.
*      Full Screen Reading, adalah untuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal.
*      Wab Layout, adalah untuk melihat hasil kerja wab.
*      Outline View, adalah untuk melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan.
*      Draft View, adalah untuk melihat hasil kerja sesuai dengan konsep
B.     Show/Hide
*      Ruler, adalah untuk menampilkan penggaris yang digunakan untuk mengukur objek dalam dokumen.
*      Gridliens, adalah untuk  menghidupkan gridlines yang dapat menyelesaikan objek dalam dokument.
*      Message Bar, adalah untuk membuka tab pesan untuk menyelesaikan tindakan yang diperlukan pada dokument.
*      Dokument Map, adalah untuk membuka peta dokument yang memungkinkan anda untuk menavigasi melalui panduan struktural pada dokument.
*      Tumnbnails, adalah untuk menavigasi dokument yang panjang melalui gambar kecil dari setiap halaman.
C.    Zoom
*      Zoom, adalah untuk perbesar tampilan dalam document.
*      100%,  adalah untuk perbesar hasil lembar kerja kedalam satu halaman normal.
*      One Page, adalah untuk melihat hasil kerja kedalam satu halaman penuh.
*      Tow Page, adalah untuk melihat hasil kerja kedalam dua halaman penuh.
*      Page Width, adalah untuk melihat hasil lembar kerja sesuai dengan lembar halaman.
D.    Window
*      New Window, adalah untuk membuka jendela baru yang memperlihatkan dokument tersebut.
*      Arrange All, adalah untuk mengatur semua jendela program sejajar berdampingan.
*      Split Window, adalah untuk membagi jendela menjadi beberapa panel yang memperlihatkan lembar kerja anda.
*      View Side By Side, adalah untuk memperlihatkan jendela berdampingan.
*      Synchronous Scrolling, adalah untuk membuat jendela menggulung berdampingan.
*      Riset Window Position, adalah untuk menset ulang jendela berdampingan.
*      Swicht Window, adalah untuk mengalihkan sebuah bermacam termaksud membuka jendela.
E.     Group Macros
*      Macros, untuk merekam makro atau menerima pengaturan makro lainnya.


Bab III
Simpulan
3.1 simpulan
            Jadi, disetiap menu tools terdapat banyak fungsi dan kegunaannya masing-masing. Dan setiap menu tools itu sangat penting untuk dipelajari guna mempermudah pekerjaan kita terutama dibidang pengerjaan ketikan seperti kerjaan kantor, tugas yang memerlukan ketikan dan lain-lain.
3.2 saran
            Teruslah pelajari dan pahami menu tools yang ada di Microsoft word agar bisa mempermudah kita dalam mengerjakan pekerjaan dimicrosoft word dengan mudah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar